5 Hal Wajib Dilakukan Saat Memanaskan Mobil Saat WFH

*Assalammuslaikum*
*Hari ke 20 Ramadhan*

Dalam melakukan pekerjaan dari rumah atau work from home (WFH) menyebabkan kendaraan jarang digunakan. Sebagai solusi, pemilik biasanya memanaskan mesin mobil di dalam rumah selama beberapa menit.

Ada 5 hal yg wajib dilakukan saat memanaskan mobil saat WFH Lantas, apa aja sih ?

Panaskan Mesin 2 Kali Seminggu
Mobil yang jarang dipakai sebaiknya harus dipanaskan 2 kali dalam 1 minggu. Memanaskan mobil yang jarang dipakai usahakan memakan waktu hingga 15 menit. Akan lebih baik lagi jika memanaskan mobil pada saat cold start, atau di pagi hari. Memanaskan mobil bertujuan untuk mengisi aki.

Mainkan Semua Tombol
Pada saat memanaskan mobil. Jangan lupa untuk menaik turunkan seluruh power window yang ada, tombol sein, hazard, dan fitur-fitur lain. Hal ini bertujuan agar menjaga setiap tombol tetap berfungsi dengan baik. Selain itu, aliran listrik dari setiap tombol juga akan terjaga dari kerusakan. Karena tombol yang jarang dipakai bisa berpotensi malfungsi.

Mengubah Posisi Mobil
Ubah posisi mobil minimal 1 kali seminggu untuk mencegah flat spots. Flat spots merupakan permukaan ban menjadi rata akibat terlalu dalam didiamkan dalam kondisi parkir. Agar terhindar, gerakkan mobil pada saat memanaskan mobil. Bisa berbelok ke kanan-kiri, atau maju-mundur.

Membuka Jendela Mobil
Usahakan buka semua jendela pada saat memanaskan mobil. Hal ini bertujuan untuk memberikan sirkulasi udara pada mobil. Mobil yang terlalu lama berdiam diri di garasi berpotensi menimbulkan jamur di bagian interior. Kamu bisa membuka semua kaca dan biarkan udara segar masuk selama beberapa menit.

Rajin Cuci Mobil
Hal terakhir yang bisa dilakukan untuk menjaga kondisi mobil yang jarang dipakai adalah mencucinya. Cucilah mobil secara teratur setidaknya 2 minggu sekali walaupun tertutup oleh sarung mobil. Sarung mobil yang terlalu lama menempel pada mobil juga bisa berpotensi menimbulkan jamur pada cat.

*Semoga puasa kita tahun ini memperoleh buah sebagai hamba yang tattaquun*

*Arief Wahyu*
Auto2000 Karawang

Write a comment