Cara Cek Ban Agar Siap Tugas Saat Mudik Lebaran

Salah satu komponen yang punya tugas sangat berat saat mudik lebaran adalah ban. Bagaikan telapak kaki manusia, ban merupakan tumpuan seluruh beban mobil. Ban juga yang ditugaskan untuk melajukan mobil serta mengurangi kecepatan hingga berhenti.

Ban juga yang mesti bekerja saat mobil harus belok. Saat mudik lebaran, hampir pasti mobil kamu diisi full oleh penumpang dan barang. Padahal mobil menjalani rute panjang, bisa ratusan bahkan ribuan kilometer.

Oleh sebab itu, kamu harus memastikan bahwa ban mobil Toyota kesayangan dalam kondisi siap untuk dipakai mudik. Mulai dengan memastikan tekanan angin ban sesuai rekomendasi pabrikan. Lakukan pengecekan di pagi hari saat mobil belum berjalan.

Sembari itu, lakukan pengecekan fisik ban, bisa mulai dari telapak ban. Perhatikan apakah tingkat keausan telapak ban merata, jika tidak, ada potensi ban harus di-spooring sebelum berangkat mudik. Perhatikan pula tire wear indicator (TWI) untuk melihat tingkat keausan ban.

Bila sudah menyentuh batas minimal, artinya kamu harus segera ganti ban baru. Bersihkan pula telapak ban dari kerikil. Hati-hati saat mencungkil, terutama bila kerikil masuk terlalu dalam karena punya risiko merusak anyaman kawat baja ban.

Lakukan pengecekan dinding ban. Waspada bila ada perubahan bentuk seperti benjol, kalau sampai terjadi, segera ganti ban karena sudah tidak layak untuk dipakai. Kalau ada ban benjol, perhatikan pula kondisi pelek karena jika sudah begini biasanya benturan juga terdistribusi ke pelek.

Segera perbaiki pelek jika benar terjadi. Waspadai pula kalau sampai ada sayatan tipis di dinding ban. Meski sangat kecil sekalipun, lambat laun akan merusak dinding ban karena terjadi proses oksidasi dan merusak anyaman kawat baja ban.

Risikonya adalah ban mudah meletus. Yang tak kalah penting adalah cek kondisi ban serep yang biasanya tersembunyi di kolong mobil atau dek bagasi. Lakukan langkah pengecekan serupa dengan ban lainnya.

Cek pula perangkat penggantian ban seperti dongkrak dan kunci roda, pastikan semua masih dapat berfungsi dengan baik. Tidak ada salahnya kamu melakukan simulasi penggantian ban agar tetap ingat cara ganti ban yang tepat dan cepat.

Sumber: toyota.astra.co.id

Write a comment